Beneran! Rugi Kamu Kalau Nggak Nyicipin Kuliner Dari Kota Kediri Ini

Oleh:   Cafe Wisata Cafe Wisata   |   5/23/2016 12:55:00 AM
"Beneran! Rugi Kamu Kalau Nggak Nyicipin Kuliner Dari Kota Kediri di bawah Ini"

Kediri, kota yang dikenal dengan Paris-nya Indonesia itu menyimpan sejumlah kejutan. Selain wisata alamnya yang bikin imanmu segar, Kediri juga menyimpan banyak kuliner khas. Mulai dari sarapan hingga makan malam, semua kuliner khas Kediri ini perlu kamu coba!



1. Soto Depot Podjok Kediri
Banyak soto yang bisa kamu coba kalau ke Kediri, tapi salah satu yang terkenal adalah Soto Ayam Depot Podjok di jalan Dhoho. Racikan di soto ini masih mempertahankan resep lamanya.

Soto Depot Podjok Kediri
Kuah sotonya gurih dan disajikan dengan potongan ayam suwir. Kalau kamu mau, soto itu bisa ditambah dengan rempelo ati dan uritan. Uniknya, soto ini juga bisa dimakan dengan tahu goreng.

2. Tahu Takwa Kediri
Dikenal dengan nama Kota Tahu, tentu kamu bisa menemukan banyak tahu di Kediri. Salah satunya yang terkenal adalah Tahu Takwa, yang menjadi oleh-oleh khas Kediri sejak tahun 1912.

Tahu Takwa
Tahu yang bisa kamu diapatkan di jalan Trunojoyo ini masih dibuat secara manual dengan tangan manusia. Alhasil, rasa tahunya pun lebih gurih, lebih kenyal dan tidak ada rasa masam sama sekali.

3. Tahu Poo Kediri
Lagi-lagi soal tahu, karena tidak sah rasanya kalau mau membahas Kediri tapi melupakan keistimewaan tahunya. Di jalan Yos Sudarso.

Tahu Poo
Kamu bisa melihat toko Tahu Poo yang penuh dengan orang-orang yang berbelanja oleh-oleh. Tahu Poo berbeda dengan Tahu Takwa. Kalau digoreng, bagian tengah Tahu Poo bisa mengembang (kosong). Tahu Poo ini cocok diolah untuk menjadi camilan bersama sambal petis.

4. Stik Tahu Kediri
Salah satu variasi dari tahu Kediri adalah Stik Tahu ini. Stik Tahu ini bisa kamu dapatkan di pusat oleh-oleh di jalan Pattimura dan jalan Yos Sudarso.

Stik Tahu
Makanan ringan yang dibuat dengan cara tradisional dari tahu dan berbagai rempah ini cocok buat kamu yang lagi diet. Jika dibandingkan dengan keripik lain, Stik tahu ini lembut tapi tetap crispy kalau digigit. Jika kamu berkunjung ke Kediri, nggak afdol rasanya kalau kamu belum makan dan bawa pulang oleh-oleh Stik Tahu ini.

5. Nasi Pecel Tumpang Kediri
Kembali ke jalan Dhoho, jalan kulineran wajibnya Kediri. Di sini kamu bisa menemukan nasi pecel tumpang yang enak! Nasi pecel di jalan Doho ini baru dibuka mulai pukul 15.00 WIB.

Nasi Pecel Tumpang
Nasi pecel tumpang ini disajikan dengan cara nasi yang diberi aneka lalapan sayur, kemudian disiram dengan sambal tumpang dan jangan lupa peyeknya. Nasi ini disajikan diatas pincuk yang terbuat dari daun pisang. Kamu bisa menikmati pecel ini dengan sendok atau menggunakan tangan.

6. Soto Bok Ijo Kediri
Soto yang terletak di sebelah terminal Kediri ini sebenarnya sama seperti soto Kediri biasa. Soto ini dilengkapi dengan kuah santannya dengan kol, kecambah, cabe rawit, jeruk nipis dan kecap.

Soto Bok Ijo
Makanan lainnya yang menjadi andalan di Soto Bok Ijo ini adalah ayam bakar kecapnya. Ayam tersebut dibakar di atas tungku
arang sambil sesekali diolesi kecap manis. Hasilnya, bumbu kecapnya benar-benar meresap!

7. Sate dan Keripik Bekicot Kediri
Kalau kamu ke Kediri, jangan lupa pergi menikmati Sate dan Keripik Bekicot di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kediri. Jangan jijik dulu kalau kamu mendengar kata bekicot.

Sate dan Keripik Bekicot
Percayalah, dagingnya enak dan nggak amis. Satu porsi Sate Bekicot berisi 50 tusuk yang disiram dengan sambal kacang, dan itu cukup dimakan untuk dua orang. Jika ingin sesuatu yang lebih gurih, kamu bisa mencoba Keripik Bekicot. Semua menu khas bekicot yang bakal kamu temui dei Desa Jarak ini diberi istilah 02. Jadi jangan bingung kalau pesan, bilang saja sate 02 atau keripik 02.

8. Sate Emprit Kediri
Tahu nggak Emprit itu apa? Emprit itu burung pencuri padi yang biasa kamu temui di sawah. Burung ini menjadi musuh para petani. 

Sate Emprit
Tapi di tangan warga Kediri, burung Emprit menjadi kuliner khas mereka. Kamu bisa menemukan kuliner sate Emprit ini di jalan Wahidin. Paduan bumbu garam, penyedap rasa, kacang dan kecap ini menyebabkan rasa burung Emprit menjadi lebih gurih. Sate Emprit juga dinikmati dengan sambal pedas yang dijamin bisa membuatmu ketagihan.

9. Gethuk Pisang Kediri
Mencari Gethuk Pisang di Kediri ini cukup gampang. Karena di sepanjang jalan Dhoho kamu bakal menemukan lapak-lapak yang berjualan gethuk ini. Olahan dari pisang ini rasanya manis, sedikit asam dan rasa legitnya membuat lidah terkejut akan keenakannya.

Gethuk Pisang
Gethuk Pisang ini dibentuk seperti lontong dan dibalut dengan daun pisang. Untuk membelinya, kamu harus berhati-hati memilih. Karena ada penjual yang biasanya membuat Gethuk dengan daun pembungkus yang tebal sekali.

Itulah kuliner khas yang bakal kamu dapatkan di Kediri. Dijamin, sekali mencoba kamu bakal ketagihan dan ingin balik ke Kediri lagi!

Jika ada yang mau nambahin kuliner dari kediri ini, silahkan tinggalkan komentar disini. Selamat berwisata kuliner :)

Tampilkan Komentar