Jangan Bawa Barang-barang Ini Ketika Lakukan Perjalanan Jauh

Oleh:   Laros Laros   |   5/09/2016 08:00:00 PM
Memang sih, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan segala hal agar tidak kerepotan ketika sedang berada di tempat, daerah atau negara asing. Akan tetapi tidak harus Anda untuk membawa segala hal yang justru akan membuat ribet dan repot ketika sedang berada di perjalanan.


Melakukan perjalanan jauh itu selalu harus dimulai dengan berkompromi dan penuh strategi. Dikatakan begitu karena, Anda harus berkompromi dengan segala kekurangan yang bakal dihadapi dan situasi atau keadaan yang tidak seleluasa ketika berada di rumah. Dan juga harus menggunakan strategi khusus agar segalanya dapat terlihat lebih nyaman.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah membuat segalanya menjadi lite atau mudah untuk dibawa ke mana-mana. Oleh karenanya, ada beberapa barang bawaan yang harus Anda hindari untuk dibawa selama melakukan perjalanan jauh.

1. Buku dan Majalah

Walaupun Anda termasuk book addict atau penggila buku, ada baiknya untuk tidak membawa buku-buku kesayangan atau sejenisnya selama Anda akan melakukan perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan bobot dari sebuah buku akan mampu mempengaruhi berat dari barang bawaan Anda secara keseluruhan.

Oleh karenanya, jika pun Anda ingin membawa buku, bawalah satu buku saja sebagai ‘teman’ selama perjalanan. Itupun jangan yang terlalu berat atau berukuran besar agar mampu Anda selipkan di dalam tas bawaan atau ransel.

2. Pakaian Berlebih


Tampil sempurna di setiap keadaan memang mengasyikkan apalagi jika Anda termasuk orang yang memperhatikan penampilan. Akan tetapi Anda harus lebih berkompromi ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

Anda tidak harus berganti pakaian setiap jam atau hari karena selama pakaian yang Anda kenakan sebelumnya masih dalam keadaan bersih, tidak ada salahnya untuk dikenakan kembali. Dengan tidak membawa banyak barang bawaan berupa pakaian, maka Anda dapat memperingan isi tas bawaan dan tidak memberatkan ketika harus berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

3. Peralatan Mandi dan Kosmetik


Peralatan mandi atau toiletries dan peralatan make up atau kosmetik juga harus Anda pertimbangkan berapa jumlahnya dan seberapa ukurannya. Bukan dalam artian Anda tidak boleh membawanya, akan tetapi lebih mempertimbangkan ukuran dan beratnya.

Mungkin Anda hanya perlu membawa beberapa toiletries utama, seperti pasta gigi dan sikat, sabun mandi, shampo dan sejenisnya atau juga peralatan make up seperti parfum, lipstick, pelembab dan beberapa lainnya.

4. Hair Styling Tools

Hello … Anda sedang tidak akan pergi ke suatu tempat untuk menjadi seorang model atau sejenisnya. Oleh karena itu, tinggalkan semua hair styling tools atau peralatan untuk perawatan dan yang berfungsi untuk membentuk rambut agar terlihat lebih indah.

Mungkin satu-satunya peralatan yang berhubungan dengan rambut yang perlu Anda bawa hanyalah sisir. Jika Anda membawa lebih dari itu, maka beban barang bawaan Anda akan semakin berat dan justru akan membuat Anda repot dan juga terkena biaya tambahan karena bobotnya melebihi jumlah yang ditentukan dalam setiap armada penerbangan.

5. Gadget

Boleh-boleh saja Anda membawa gadget atau perangkat elektronik sebagai sarana untuk melakukan sesuatu atau ‘teman’ ketika berkelana ke tempat asing, akan tetapi lebih bijaknya, Anda dapat membatasi untuk tidak membawa banyak barang sejenis agar tidak menambah berat barang bawaan.

Mungkin, Anda hanya perlu membawa smartphone atau juga kamera ketika akan melakukan perjalanan. Banyaknya, berapa repotnya Anda jika harus membawa banyak barang elektronik, seperti tab, laptop atau sejenisnya, benar kan?

6. Barang Berharga

Oke, mempercantik diri dengan menambahkan aksesoris berupa barang-barang berharga, seperti anting, cincin, kalung dan sejenisnya yang memiliki harga cukup mahal adalah hak setiap pribadi. Akan tetapi lebih dianjurkan untuk meninggalkannya di rumah ketika Anda akan melakukan perjalanan jauh.

Bukan karena beban yang ditimbulkan, melainkan dari tingkat keamanannya. Anda toh juga tidak pernah tahu kapan orang-orang jahat akan mengincar barang-barang berharga yang Anda miliki tersebut atau juga ketika Anda terlupa memasukkannya kembali ke dalam tas dan akhirnya hilang.

7. Makanan

Setiap orang butuh makan. Benar, istilah tersebut tidak salah karena secara alami, siapa saja memang butuh makan. Akan tetapi, alangkah baiknya Anda tidak membawa banyak makanan, khususnya yang berjenis snack atau makanan ringan selama perjalanan karena justru dapat merepotkan dan membuat tas menjadi sangat penuh.

Jika ingin membawa makanan, bawalah yang sekiranya dapat menunjang atau memberikan efek menyegarkan dan menambah energi serta dapat membuat perut tidak merasa lapar dalam jangka waktu lama. Hindari untuk membawa buah-buahan, ya.

8. Sepatu

Seperti halnya pakaian, jangan membawa sepatu berlebih karena ukurannya yang besar dapat membuat tas menjadi penuh sesak. Jikalau memang ada agenda untuk sesuatu yang penting dan mengharuskan memakai sepatu khusus, maka ada baiknya bawalah sepasang saja, tidak lebih atau tidak kurang.

Mungkin bagi para pria, satu sepatu adalah cukup untuk digunakan dalam berbagai acara, akan tetapi bagi wanita, satu sepatu tidaklah cukup untuk berbagai momen. So, bijaklah dalam hal ini.

Semakin ringan barang bawaan yang akan Anda bawa selama perjalanan, maka semakin lincah pula Anda untuk pergi dari suatu tempat ke tempat lain. So, just try these suggestions.

Tampilkan Komentar