Pantai Popoh Merupakan Salah Satu Wisata Andalan di Tulungagung

Oleh:   Cafe Wisata Cafe Wisata   |   5/25/2016 12:47:00 PM
Pantai Popoh merupakan salah satu wisata andalan di Tulung Agung bahkan Jawa Timur, pantai yang berjarak 30 KM dari pusat kota kabupaten Tulung Agung ini memiliki pesona keindahan yang tak kalah dengan pantai - pantai yang ada di jawa timur lainnya.

Tak cukup waktu sehari untuk menikmati keindahan Pantai Popoh ini, setidaknya pengunjung membutuhkan waktu dua hingga tiga hari untuk bisa menikmati seluruh keindahan yang ditwarkan oleh pantai yang langsung berhadapan dengan samudra hindia ini.


Pantai yang terletak di kecamatan Besuki ini terkenal karena menyuguhkan keindahan laut lepas yang tak berujung, garis horizontal disertai gulungan ombak yang cukup besar serta pantai yang berbentuk teluk dapat anda nikmati dari atas bukit, hal ini dikarenakan Pantai Popoh berada di ujung timur pegunungang kidul. Suasana angin pantai yang tak terlalu kuat serta keindahan gunung disekitar teluk membuat wisatawan ingin berlama - lama di pantai ini.

Namun untuk mencapai diatas bukit, diperlukan stamina ekstra agar dapat menaiki anak tangga yang cukup tinggi ke atas. Setibanya dibukit, rasa lelah anda akan hilang karena terobati oleh keindahan pantai serta suasana yang begitu nyaman. Apalagi jika sore hari telah tiba, pengunjung akan mendapatkan sunset Pantai Popoh.

Pantai Popoh meruapakan pantai yang masih terjaga kebersihannya karena pantai ini mendapatkan perawatan yang cukup baik oleh masyarakat sekitar dan pemerintah kabupaten, mereka tidak ingin salah satu wisata andalannya ini terlihat kotor. Jika anda melihat sampah di sekitar laut itu karena laut sedang kotor karena mendapatkan sampah kiriman dari pantai lain.


Berwisata di Pantai Popoh anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas, karena beberapa fasilitas seperti Penginapan (Hotel), Musholla, Toilet, Tempat Istirarahat yang Luas, Warung Makan sudah ada disini. Untuk tiket masuk, pengungjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 3000 dan itu belum termasuk biaya parkir, cukup murah bukan?

Tak jauh dari Pantai Popoh terdapat sebuah pantai yang bernama Pantai Sidem, pantai ini tidak kalah menariknya dengan Pantai Popoh. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk masuk kesana dikarenakan Pantai Sidem berada di garis pantai yang sama.

Pada bulan syuro, masyarakat sekitar akan menggelar upacara adat atau ritual tahunan yang bernama Labuh Semboyo. Ritual ini merupakan larung sesaji ke laut lepas untuk memohon berkah kepada yang maha kuasa, pembacaan doa menggunakan bahasa jawa dan dipimpin oleh sesepuh desa.

Akses menuju Pantai Popoh tidaklah terlalu sulit karena jalannya sudah mulus beraspal, namun anda harus tetap berhati - hati dengan belokan - belokan yang cukup tajam. Berikut ini beberapa rute yang bisa anda lewati agar bisa sampai di lokasi

- Rute Dari Banyuwangi Jalur Utara: Banyuwangi -> Jember -> Lumajang -> Malang -> Blitar -> Tulungagung -> Kec. Besuli
"Rute yang ada di peta di bawah ini adalah rute dari jalur selatan"


- Rute dari Malang : Malang Kota -> Kepanjen -> Wlingi -> Blitar -> Tulung Agung (Kecamatan Besuki).



- Rute dari Kab. Tulungagung


Tampilkan Komentar