Segarnya Aneka Es Khas Nusantara Ini Cocok untuk Berbuka Puasa

Oleh:   Laros Laros   |   5/10/2016 10:29:00 AM
Tinggal di daerah yang beriklim tropis memang bikin tubuh gampang gerah dan berkeringat, termasuk Indonesia. Dan untuk meredakan rasa gerah itu, terkadang kita perlu menyantap minuman dingin yang mampu menghilangkan dahaga.

Well, es tentunya bisa menjadi minuman yang sangat cocok dengan iklim Indonesia yang tropis. Oleh sebab itu, ada begitu banyak aneka jenis es yang bisa kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Nah, berikut adalah beberapa aneka es khas Indonesia yang mampu menghilangkan dahaga dalam sekejap.

1. Es Pisang Ijo
Es pisang ijo bisa dikatakan sebagai salah satu jenis es yang banyak digemari di Indonesia. Es ini bahkan sudah banyak dijumpai di mall-mall karena peminatnya memang berasal dari seluruh penjuru tanah air. Usut punya usut, es ini rupanya merupakan salah satu minuman khas Sulawesi Selatan, terutama Makassar. Es ini terbuat dari bahan utama, yakni pisang ijo.


Pisang ijo sendiri dibuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang telah diberi warna hijau. Setelah dibalut, pisang ijo dikukus sampai matang. Warna hijau pada pisang ijo biasanya diambil dari perasan air daun suji atau pandan. Namun, kebanyakan orang saat ini lebih suka memakai pewarna makanan karena dianggap lebih simpel.

2. Es Teler
Panas-panas begini enaknya minum apa ya? Mending beli es teler deh. Minuman dingin ini akan menawarkan rasa yang manis dan juga segar, yang dijamin pasti bikin ketagihan. Usut punya usut, es teler rupanya ditemukan oleh Hajah Samijem Darmo Wiyono pada tahun 1957. Dia adalah seorang warga asli Kampung Juron, Kecamatan Nguter Sukoharjo.


Hingga kini, Hajah Samijem Darmo Wiyono masih terus mengembangkan usaha es telernya. Bahkan, popularitas dari es ini sudah menyebar hingga ke seluruh Indonesia, sehingga sangat mudah ditemukan di mall-mall. Isian dari es teler biasanya terdiri dari alpukat, kelapa muda, cincau, nangka, dan buah-buahan lainnya yang disajikan bersama air santan, susu kental manis, sirup cocopandan, gula, dan sedikit garam.

3. Es Cendol/Dawet

Minum segelas es cendol di tengah panas terik yang menyegat. Wah, benar-benar surga dunia ya! Kalau di Jawa Barat, es ini biasanya disebut cendol. Sementara kalau di Jawa Tengah, es ini dinamai dawet. Es ini merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, yang kemudian disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan.


Ketika menyeruputnya, Anda akan menyecap cita rasa manis dan gurih. Meski bahan untuk membuat es ini sangat sederhana, namun rasanya yang nikmat sukses membuat banyak orang sangat menyukai es ini. Untuk membuat cendol, tepung beras diolah terlebih dulu dengan diberi pewarna hijau dan dicetak melalui saringan khusus, sehingga nantinya akan berbentuk buliran.

4. Es Kacang Merah Palembang
Jika Anda berkesempatan untuk melancong ke Palembang, jangan lupa untuk menyicipi sajian istimewa ini. Karena rasa dari es ini sangatlah nikmat, sudah banyak gerai makanan di tanah air yang menyajikan es ini dalam menu mereka. Bahkan, Anda juga bisa dengan mudah menemukan es ini di food court di mall-mall di kota Anda.


Es ini tentunya menggunakan kacang merah sebagai bahan utamanya. Kemudian untuk meningkatkan rasanya, beberapa menambahkan cokelat, susu, dan buah lainnya. Untuk isian, resep es kacang merah sendiri sekarang sudah banyak melalui modifikasi.

5. Es Puter
Es puter merupakan salah satu panganan masa kecil yang dahulu sering kita jumpai di dekat sekolah. Makanan ini juga memiliki banyak sebutan, seperti es dung dung atau es tung tung. Jika es krim biasanya terbuat dari susu, es puter menggunakan santan sebagai bahan dasarnya. Itulah kenapa, es puter memiliki tekstur yang kasar.


Selain itu, proses pembekuannya juga dilakukan secara tradisional. Bahan es akan dimasukkan dalam sebuah alat berbentuk tabung yang kemudian diputar-diputar di dalam es batu dan garam. Untuk penyajiannya, es tradisional ini biasanya dicetak di atas cone atau diapit roti tawar.

Ayo, dari kelima jenis es di atas, mana yang menjadi favorit Anda? Jadi, kalau cuaca sedang panas dan tenggorokan terasa kering, tak ada salahnya untuk menyantap aneka es khas Indonesia tersebut, yang dijamin bisa bikin dahaga langsung lenyap.

Tampilkan Komentar