Tips Agar Smartphone Lebih Bermanfaat Saat Berwisata

Oleh:   Cafe Wisata Cafe Wisata   |   5/20/2016 06:50:00 PM
Banyak hal mulai terpinggirkan dengan kehadiran smartphone di tengah-tengah kita. Mulai dari persahabatan, kekeluargaan dan bahkan pergaulan kita sehari-hari mulai terpengaruh oleh gadget yang satu ini.
Bahkan, orang cenderung untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan gadget mereka dibandingkan dengan teman-temannya. Seseorang yang sudah kecanduan gadget bahkan terkadang tidak bisa hidup tanpanya. Mereka akan merasa sangat menderita saat jauh dari smartphone atau apabila tidak bisa online.
Melihat fenomena ini,tidak sulit untuk menebak bahwa gadget pasti selalu menjadi andalan kita saat dalam melakukan banyak hal, tak terkecuali saat wisata ke berbagai tempat. Smartphone bisa diandalkan dalam banyak hal mulai dari mencari hotel, mencari tiket, memilih objek wisata, untuk meng-capture momen seru, bahkan bisa juga diandalkan untuk mengambil video.

Photo via pixabay.com

Agar smartphone bisa difungsikan dengan maksimal, berikut adalah beberapa tips yang harus anda ikuti.

A. Memilih Smartphone

Tidak semua smartphone cocok dibawa saat melakukan perjalanan wisata. Smartphone kelas atas atau kelas menengah dengan spesifikasi mumpuni adalah syarat wajib. Beberapa saran berikut ini bisa anda penuhi semuanya atau sebagian saja tergantung dari kebutuhan.
  • Anti air
    Syarat ini tidak mutlak namun sangat diperlukan terutama jika anda bepergian pada saat musim hujan. Terlebih, jika anda pergi ke tempat-tempat yang berair seperti pantai, air terjun dan lain-lain. Smartphone anti air sudah pasti lebih bisa diandalkan. Dengan begitu, anda tidak akan takut smartphone menjadi rusak atau, anda tetap bisa mengambil momen-moment seru bahkan saat hujan sekalipun.
  •  Baterai
    Baterai juga tidak boleh dilupakan. Handphone saat ini memang terkenal boros baterai terutama karena layarnya yang berukuran besar dan menyedot banyak energi.
    Saat anda membeli hape, pilihlah yang memiliki kapasitas baterai besar. Selain itu, perhatikan juga apakah ada fasilitas quick charging yang akan memungkinkan anda melakukan pengisian baterai dalam waktu singkat.
    Untuk berjaga-jaga, anda juga bisa menyiapkan powerbank yang harganya tentu tidak terlalu mahal namun manfaatnya sungguh luar biasa terutama saat melakukan perjalanan dimana kita kesulitan menemukan tempat-tempat untuk nyolokin charger.
  • Kamera
    Ini adalah syarat wajib yang tidak boleh Anda lupakan.Smartphone yang bisa diandalkan untuk berwisata minimal harus memiliki kamera utama dengan resolusi 13 Megapixels atau 16 Megapixels.
    Selain itu, bagi anda yang sangat suka selfie, ada beberapa smartphone saat ini khusus selfie yang menyediakan kamera depan dengan resolusi besar seperti Asus Zenfone Selfie atau yang lainnya.
  • Jaringan
    Jaringan juga tidak kalah pentingnya. Bagi anda yang suka meng-upload hasil jepretan ke sosial media atau tempat berbagi foto, jaringan 3G atau 4G wajib anda miliki.

B. Feature

  • GPS
    Dengan adanya fasilitas ini, kita tidak akan takut lagi tersesat. GPS akan membantu kita untuk pergi ke mana pun tanpa khawatir kebingungan. Bagi anda yang masih sering malu-malu bertanya, GPS bisa diandalkan untuk mencari tujuan wisata atau tempat-tempat tertentu yang ingin anda datangi. Jadi, pastikan feature ini ada ya.
  • Kompas
    Kompas sangat penting terutama ketika GPS tidak berfungsi. Selain itu, bagi anda yang suka berpetualang di dalam hutan atau di alam liar, termasuk juga yang suka mendaki gunung, kompas sangat penting.
  • Tongsis
    Alat yang satu ini memang unik dan menarik. Dengan tongsis, kita bisa mengambil banyak foto dari sudut-sudut sulit tanpa harus mendapatkan bantuan dari orang lain. Namun tidak semua tongsis bisa anda andalkan karena beberapa objek wisata terkadang melarang tongsis. Sebagai alternatif, anda bisa memanfaatkan produk dari Gecko yang fleksibel dan bisa digunakan dimanapun.

C. Aplikasi Wajib

Untuk aplikasinya, beberapa aplikasi penting ini wajib kamu install diantaranya adalah:
  • Google Maps
    Dengan Google Maps, kita bisa melakukan banyak hal, mulai dari mencari lokasi objek wisata, menentukan waktu perjalanan dan bahkan anda juga bisa mencari hotel, jalan tikus (shortcut), dll. Download Google Maps untuk OS Android disini.
  • Trip Advisor
    Jika anda membutuhkan informasi lengkap mengenai tujuan wisata,Tripadvisor bisa diandalkan karena ini merupakan salah satu aplikasi paling lengkap yang mencakup objek wisata hampir di seluruh dunia yang menawarkan review hotel dan objek wisata. Download Tripadvisor untuk OS Android disini.
  • Traveloka
    Tentu anda tidak asing dengan Traveloka salah satu layanan tiketing & hotel online paling terkenal di Indonesia. Di Traveloka anda bisa memesan tiket pesawat mencari jadwal dan sekaligus memesan hotel tempat menginap. Selain harganya jujur,Traveloka juga bisa diandalkan untuk mencari hotel-hotel yang sesuai dengan keinginan. Download Traveloka untuk OS Android disini.
  • Social Media Apps
    Agar lebih maksimal, tips terakhir memanfaatkan smartphone untuk berwisata adalah aplikasi sosial media. Anda tentu tidak ingin melewatkan yang satu ini. Berbagi foto, video dan cerita perjalanan tentu akan menyenangkan sekali. Beberapa sosial media yang tidak boleh anda lupakan diantaranya adalah,facebook, twitter,path, dan instagram.
  • Ngojek Asik
    Agar smartphone makin maksimal buat wisata, install juga GoJek ato Uber. Jadi, sewaktu-waktu kamu butuh tumpangan, tinggal pesan deh.
Selamat berwisata semoga wisata anda menyenangkan :)

Tampilkan Komentar