Tips Wisata Photography Sesuai Objek yang Kamu Lihat

Oleh:   Cafe Wisata Cafe Wisata   |   5/21/2016 12:34:00 AM
Selain tips foto untuk perjalanan ke beragam destinasi, seperti pantai dan gunung, ada juga tips foto yang dapat diaplikasikan sesuai dengan objek yang kamu lihat atau temui selama perjalanan. Berikut ini 7 tips yang harus kamu pahami dan praktikkan.


1. Jalan
Untuk objek jalan, kita biasa mengenalnya sebagai “Street Photography”. Banyak yang bisa difoto di jalan, bisa merupakan momen ketika ada orang yang menyeberang jalan sambil menangis, anak kecil menjilati es krim yang lumer, dan sebagainya. Tipsnya adalah kamu harus bersabar menunggu momen tersebut, juga harus punya mata jeli untuk menemukan momen yang unik. Foto

Penjual es di tengah Kota
Kamu bisa mulai menjelajani foto jalanan dengan pergi ke pasar, biasanya pagi hari. Di sana kamu bisa menemukan banyak momen natural dengan ekspresi yang menarik. Saat ada tawar-menawar antara pedagang dan pembeli. Saat ada yang marah-marah dan lain-lain. Jangan lupa untuk menengok ke segala arah, di kanan-kirimu ada apa? Di bawah kakimu ada apa, entah lumpur atau ekor ikan? Di atasmu ada apa, entah jemuran atau apa? Berkreasilah!


2. Ruangan
Sekarang di berbagai sosial media, terutama Instagram, banyak terlihat foto-foto interior ruangan yang serba kece. Biasanya foto tersebut diambil di kafe ataupun kedai kopi dan galeri seni. Foto di dalam ruangan cukup menjebak, biasanya karena kurangnya sumber cahaya natural–dari sinar matahari.

Sinar matahari menyusup
Jika ruangan terlalu gelap, kamu tentunya perlu memotret dengan low speed, yang kemudian akan berisiko jadi blur jika ada gerakan sesedikit apa pun. Karena itu, kalau ada, gunakanlah tripod. Kalau tidak bawa, kamu bisa menaruh kamera di tempat yang stabil, seperti meja, agar hasil fotomu tetap bagus.

Kamu juga bisa menggunakan lensa wide atau fisheye agar dapat memotret keseluruhan ruangan. Pokoknya, kamu harus pintar-pintar menemukan gaya foto yang sesuai dengan minatmu.

3. Teman
Fotolah diam-diam! Jangan sengaja meminta temanmu untuk berpose. Fotolah mereka saat mereka tidak sadar. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan momen dan ekspresi natural yang terkadang bisa konyol dan mengagumkan.

Menyimak…
Apalagi saat traveling bersama teman, kamu bisa dengan mudah memotret temanmu dalam berbagai ekspresi.


4. Orang tidak dikenal
Ini juga merupakan objek yang paling sering difoto oleh para pejalan. Boleh saja kamu memotret orang tidak dikenal. Salah satu caranya dengan menyapa mereka terlebih dahulu, minta izin untuk memotret. Biarkan mereka tetap berada di tempatnya untuk mendapatkan background yang mengandung cerita, sesuai dengan objek tersebut.

Setelah kenal
Hal ini biasanya juga mudah dilakukan jika kita bermain bersama anak-anak yang kita temui. Mereka pasti senang berpose untuk kita, yang penting kamu harus tetap sopan. Nantinya kamu akan mendapatkan foto portrait yang sangat berkesan.


5. Objek bergerak
Foto ini memang dianggap cukup sulit, walaupun sebenarnya sangat bisa dilakukan. Kalau kamu menggunakan kamera DSLR, foto objek bergerak sangat mudah dilakukan. Kamu tinggal menyetel shutter speed yang kamu inginkan, misalnya dengan menangkap objek bergerak dengan high speed atau mengambil gerakan objek dengan low speed.

Penari Zapin
Kalau menggunakan iPhone, kamu juga bisa mengatur shutter speed melalui apps dari pihak ketiga, misalnya VSCO. Kamu bisa mengunggahnya, lalu memotret dari apps tersebut. Tombolnya ada di kiri bawah.


6. Hewan
Kamu bisa memotret saat hewan sedang asyik dengan aktivitasnya. Biasanya akan muncul momen-momen menarik. Kamu juga bisa fokus memotret mata hewan, terkadang dari situlah kamu bisa mendapatkan cerita.

Burung melamun

7. Makanan
Makanan dan perjalanan kini menjadi dua hal yang tak bisa dipisahkan. Banyak pejalan yang senang memotret makanan atau kuliner khas yang mereka temui di sepanjang perjalanan. Di sosial media seperti Instagram, trennya masih berupa makanan yang disusun di atas meja dan difoto dari atas. Tapi, kamu sangat boleh berkreasi dengan angle lain.

Ketan serundeng menggiurkan
Tips paling penting untuk memotret makanan adalah sumber cahaya natural. Fotomu akan lebih bagus jika mendapat sinar yang cukup. Jika tidak, kamu bisa memanfaatkan taplak atau serbet berwarna putih untuk memantulkan cahaya. Kamu juga bisa memanfaatkan sumber cahaya tambahan untuk mendapatkan foto makanan yang bagus.

Jika menggunakan iPhone, sangat mudah untuk memotret makanan dari atas. Yang perlu kamu perhatikan hanyalah sumber cahaya. Sementara itu, jika menggunakan DSLR, kamu bisa bermain-main lebih jauh. Contohnya dengan membuat foto bokeh dengan angle 45 derajat. Makanan tersebut akan terlihat lebih menggugah.

Tampilkan Komentar