Wisata Ke 12 Tempat di Kota Depok Ini Dijamin Gak Bakal Kapok

Oleh:   Laros Laros   |   5/09/2016 07:24:00 PM
Pernahkah terlintas di benakmu suatu saat menjalani liburan di Kota Depok? Pasti tidak ada yang kepikiran untuk berkeliling di kota yang diapit oleh Jakarta dan Bogor ini. Padahal di kota yang hanya seluas 200,29 kilometer persegi ini punya tempat-tempat keren lho untuk dijadikan tujuan rekreasi atau berburu objek fotografi.


Tidak terfikirkannya Kota Depok sebagai salah satu tujuan wisata dikarenakan kota ini masuk dalam jajaran kota Megapolitan di kawasan Jabodetabek. Dengan begitu banyak wisatawan yang menganggap kota ini sama saja semrawutnya dengan Jakarta, Bekasi dan kota-kota besar lainnya. Tapi jika wisatawan jeli, masih ada tempat-tempat eksotis yang bisa disinggahi. Berikut daftarnya. 

1. Sebelum Keliling Kota Depok, Kumpulkan Energi Dulu Dengan Makan di Saung Talaga
Walaupun kota Depok itu luasnya tidak seberapa tapi tetap butuh tenaga untuk mengelilinginya. Destinasi pertama ini saya rekomendasikan untuk mencicipi sajian kuliner di Saung Talaga yang beralamat di Jalan Raya Sawangan. Jangan salah, Saung Talaga bukan tempat makan biasa sebab disana juga tersedia taman bermain, live music, tempat mancing, dan perahu untuk berkeliling telaga.


Saung Talaga sering dijadikan langganan oleh para artis. Meski begitu jangan khawatir masalah harga sebab ibarat kata tempat makan eksklusif ini hanya mematok tarif pedagang kaki lima. Tempat makannya berkonsep saung dengan makanan khas Sunda yang menggugah selera. Pokoknya Saung Talaga cocok untuk dijadikan tempat memboyong keluarga berekreasi di Depok.

2. Taman Bunga Wiladatika, Cantiknya Luar Biasa
Berlokasi tidak jauh dari bumi perkemahan Cibubur terdapat Taman Bunga Wiladatika yang pas untuk rekreasi keluarga. Taman ini tak kalah cantik dengan taman-taman bunga yang da di Bogor mau pun Bandung. Setiap akhir pekan taman ini menjadi jujugan wisatawan lokal untuk bersantai.


Taman Bunga Wiladatika telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti kolam air mancur, taman bunga, taman bermain anak, air terjun buatan, gua mini serta tidak ketinggalan fasilitas kolam renang juga tersedia di sana. Akhir pekan bingung mau kemana? Datang saja ke Taman Bunga Wiladatika.

3. Saladin Square, Komplek Bisnis yang Epik Untuk Berburu Foto
Saladin Square bukanlah tempat wisata, ini merupakan komplek bisnis bercorak Islam terbesar di atas tanah seluas 1,5 hektar. Seluruh bangunan di sana didesain dengan nuansa Arab modern. Bayangkan saja gedung-gedung di kompleks ini dilengkapi dengan kubah emas sejumlah 48 buah plus 47 menara yang masing-masing setinggi 25 meter.



adilah Saladin Square tempat berburu foto yang epik di kota Depok. Penasaran dengan lokasinya? Saladin Square berada di tengah sentra bisnis Depok atau tepatnya ada di Jalan Raya Margonda Depok yang dekat dengan terminal angkutan umum dan juga kantor walikota depok. Siapkan kamera yang oke kalau datang ketempat ini.

4. Arung Jeram di Sungai Ciliwung yang Cukup Menantang
Di Depok wisatawan bisa mencicipi olahraga ekstrim arung jeram dengan mengambil lokasi di sungai Ciliwung. Yap, kalian tidak sedang salah baca, Sungai Ciliwung yang kondisinya kumuh saat sampai di Jakarta dan kerap menjadi biang keladi masalah banjir ibukota itu menjadi spot arung jeram yang menantang di kawasan hulunya mulai dari Bogor hingga Depok.


Lantas bagaimana caranya berarung jeram di sungai Ciliwung yang ada di Depok? Depok kini punya pos pantau Ciliwung Ratujaya. Pada akhir pekan biasanya komunitas Sahabat Ciliwung akan berkumpul tuh di pos pantau ini atau berada di kolong jembatan Grand Depok City. Dari saja berbagai kegiatan air akan dilakukan. wisatawan bisa ikut gabung lho.

5. Pacuan Kuda Tapos, Asyik Untuk Rekreasi Sembari Hunting Fotografi
Sejak menjadi tuan rumah Sea Games khususnya cabang olahraga pacuan kuda pada tahun 2011 lalu kawasan Pacuan Kuda Tapos di Depok telah berbenah dan kini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.


Pacuan Kuda Tapos terletak di kecamatan Limo. Di dalam kawasan ini wisatawan bisa bersantai sambil melihat atlet berkuda melakukan latihan balapan. Selain suasananya nyaman dan rindang pas untuk bersantai, berkunjung ke Pacuan Kuda Tapos juga bisa dijadikan ajang berburu foto-foto keren lho. 

6. Setu Bojongsari, Spot Memancing di Dekat Ibukota
Wisatawan ibukota dan sekitarnya yang hobi memancing pasti kenal dengan tempat yang satu ini. Adalah Setu Bojongsari, waduk kecil yang terletak di kecamatan Bojongsari, depok atau tepat berada di belakang Perumahan Citra Lake Ciputra.


Setu Bojongsari memang dikenal sebagai spot memancing bagi kalangan yang hobi dengan kegiatan ini. Namun wisatawan yang tidak suka memancing tetap bisa datang ke lokasi untuk menikmati udara yang sejuk dan suasana danau yang tenang.

7. Depok Tidak Punya Pantai, Kalau Mau Main Air Datang Saja ke Situ Besar Lio
Depok berada di tengah pulau dan diapit oleh Jakarta serta Bogor, jadilah kota ini minus laut salah satu destinasi wisata paling banyak disukai wisatawan. Namun wisatawan yang berlibur di Depok tetap bisa datang ke obyek wisata yang berhubungan dengan air. caranya dengan berkunjung ke Situ Besar Lio.



Situ Besar Lio terletak di Kampung Lio, Depok. Ini adalah salah satu situ atau waduk terbesar yang dimiliki Kota Depok, luasnya sekitar enam hektar dan terbentang mulai dari Jalan Wijaya Kusuma hingga Jalan Dukuh Pasar Lama. Di waduk ini tersedia fasilitas perahu untuk berkeliling dan jalur pedestrian mengelilingi waduk untuk jalan-jalan atau bersepeda.

8. Rumah Keramik F Widayanto, Tempat Asyik Untuk Belajar Bikin Keramik
Tidak lengkap kalau liburan hanya senang-senang tanpa ada pelajaran atau ilmu baru yang didapat. Mumpung berada di Kota Depok sekalian saja mampir ke Rumah Keramik F Widayanto yang terletak di Jalan Curug Agung, Tanah Baru-Depok.


Di Rumah Keramik ini wisatawan akan diajari cara membuat kerajinan keramik. Bukan hanya bikin keramik lantai lho ya, tapi aneka macam bentuk mulai dari mug hingga bentuk-bentuk lainnya. Tiket masuknya cukup murah cuma Rp. 10 ribu tapi kalau mau ikut kursus singkat membuat keramik harus bayar Rp. 100 ribu.

9. Situ Cilodong Pernah Tercemar Tapi Kini Jadi Tempat Wisata Asyik
Tahun 2004 silam Situ Cilodong di kawasan Cilodong Depok sempat menjadi kawasan kumuh dengan danau yang tercemar. Pemerintah kota bertindak cepat dengan melakukan revitalisasi hingga kini wajah Situ Cilodong berubah total menjadi lebih berseri. Setiap akhir pekan kawasan situ ini selalu dikunjungi banyak wisatawan yang datang dari daerah Depok dan sekitarnya.


 Aktivitas yang sayang dilewatkan di Situ Cilodong adalah memancing. Yap, kebanyakan situ di Depok memang berfungsi sebagai area pemancingan. Meski demikian Situ Cilodong ini juga dilengkapi fasilitas jogging track, dan juga tempat latihan balap kano dan kayak.

10. Ngadem di Studio Alam TVRI
Kalau mau cari tempat ngadem di Depok berkunjunglah ke Studio Alam TVRI. Tempat ini sangat terkenal di kota Belimbing ini dan setiap akhir pekan banyak warga yang berkunjung untuk rekreasi. Di dalam kawasan wisata Studio Alam TVRI seluas 30 Ha ini terdapat 19 rumah adat dan berbagai pepohonan yang tumbuh subur.


Mereka yang datang selain piknik juga bisa melakukan banyak kegiatan semisal jogging maupun bersepeda. Tiket masuk ke kawasan Studio Alam TVRI pun tergolong murah meriah, pengendara motor hanya perlu membayar Rp. 5 ribu, kalau bawa mobil bayarnya Rp. 10 ribu sedangkan jika tidak membawa kendaraan cukup bayar Rp. 1.000 saja.

11. Agrowisata Belimbing Dewa, Di Sini Wisatawan Bisa Memetik Buah Belimbing Sepuasnya
Sudah tahu dong jika Depok dikenal dengan julukan Kota Belimbing. Julukan tersebut disematkan lantaran kota ini memang menjadi salah satu produsen buah belimbing terbesar di Indonesia dengan produk unggulannya bernama belimbing dewa.

Maka dari itu kurang afdol jika jalan-jalan ke Kota Depok tanpa mampir ke Agrowisata Belimbing Dewa yang terletak di kelurahan Pasir Putih, Sawangan. Di arena ini terdapat ratusan banyak sekali pohon belimbing yang dikelola sekitar 500 petani. Selain mendapatkan kesempatan memetik buah belimbing di kebunnya langsung pengunjung juga akan diberikan informasi seputar belimbing dewa termasuk pengolahannya untuk berbagai jenis jajanan.

12. Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Religi yang Bikin Adem di Hati
Sudah pada tahu kan jika salah satu masjid termegah di dunia berada di negeri ini tepatnya berdiri di Kota Depok. Inilah Masjid Dian Al Mahri yang juga populer di sebut dengan Masjid Kubah Emas lantaran masjid ini punya kubah berwarna emas yang berasal dari lapisan emas asli. Pemandangan aerial masjid ini bisa kalian lihat pada tayangan video berikut.

Masjid Kubah Emas diresmikan pada tanggal 31 Desember 2006. Sejak diresmikan masjid ini tidak pernah sepi dari kunjungan para jamaah baik yang singgah untuk melakukan ibadah atau sekedar mengagumi keindahan bangunannya yang mengadopsi bangunan masjid di Timur Tengah. Kalau kamu berada di Depok wajib hukumnya meluangkan waktu untuk datang ke Masjid Dian Al Mahri di Jalan Raya Maruyung, Limo, Depok.

Ternyata Depok bukan hanya kota Megapolitan yang sesak kan? Masih ada sudut-sudut sepi di kota ini dengan pemandangan yang bikin luluh di hati. Ayo temukan tempat lain di Kota Depok lalu share pada wisatawan lain dengan menulisnya di kolom komentar.

Tampilkan Komentar