7 Puncak Gunung Indah di Nusantara Indonesia

Oleh:   Cafe Wisata Cafe Wisata   |   6/07/2016 06:14:00 AM

The Seven Summits of Indonesia. Sebutan ini pasti sudah tidak asing bagi kamu para pecinta alam atau para pendaki gunung senior. Sebutan tersebut mempunyai arti ialah tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia yang tersebar di 7 pulau atau kepulauan yang ada di Indonesia. Gunung – gunung yang termasuk ke dalam 7 Summits ini dipilih tidak jauh beda dengan daftar puncak – puncak tertinggi di dunia. Dilihat yuk penjelasan dari masing – masing gunung yang termasuk kedalam The Seven Summits of Indonesia adalah sebagai Berikut:

1. Cartenz Pyramid/Puncak Jaya, Gunung Jaya Wijaya
Puncak Cartenz ini adalah puncak dari Gunung Jaya Wijaya yang berada di Papua yang mempunya ketinggian 4884 Mdpl. Cartenz Pyramid bukan hanya masuk sebagai 7 puncak tertinggi di Indonesia, tapi juga termasuk dalam tujuh puncak tertinggi di dunia. Nah, di puncak Jaya adalah satu – satunya yang terdapat gletser tropika di Indonesia yang salah satunya itu adalah Gletser Carstensz. Namun sayang, kemungkinan besar gletser di puncak Jaya ini sudah semakin lenyap akibat pemanasan global. Kamu mungkin bertanya tanya kenapa sih kok puncak Jaya disebut juga dengan nama lain “Cartenz Pyramid”? Jadi nama Cartenz diambil dari seorang petualang yang berasal dari Negeri Belanda bernama Jan Carstenszoon, ia yang pertama kali melihat adanya puncak gunung bersalju di daerah tropis tepatnya di Pulau Papua. Butuh waktu ratusan tahun untuk membuktikan kebenaran omongan Jan Cartenszoon dan sampai akhirnya pada tahun 1899 dari sebuah ekspedisi Belanda omongan seorang Jan Cartenszoon benar adanya. Maka dari itu untuk menghormati Jan, puncak gunung Jaya Wijaya diberi nama sesuai nama belakang Jan Cartenszoon.


2. Puncak Indrapura, Gunung Kerinci
Yang kedua adalah Puncak Indrapura di Gunung Kerinci, atap dari pulau Sumatera tepatnya di Jambi Provinsi Jambi. Gunung Kerinci mempunyai ketinggian 3.800 Mdpl dengan puncak tertinggi adalah Puncak Indrapura. Gunung ini juga termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang ini. Gunung Kerinci berbentuk kerucut dan memanjang dari Utara sampai Selatan. Gunung Kerinci juga masuk ke dalam bagian Taman Nasional Kerinci Seblat (TKNS).


3. Puncak Gunung Rinjani
Nah yang ketiga ada Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani mempunyai ketinggian 3.726 Mdpl. Salah satu gunung favorit bagi para pendaki karena mempunyai pemandangan yang ngga kalah indahnya dengan gunung – gunung lain di Indonesia. Sebut saja dengan Danau Segara Anak, salah satu objek unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang bisa ditempuh melalui dua jalur resmi pendakian, yaitu jalur Senaru dan jalur Sembalun. Belum lama ini anak gunung Rinjani juga baru aja meletus dan efeknya bandara di Banyuwangi harus ditutup sementara karena sebaran abu vulkanik anak gunung Rinjani.


4. Puncak Mahameru, Gunung Semeru
Bagi kamu yang sudah nonton film 5 CM pasti tau tentang Gunung Semeru. Yap, Gunung Semeru ini juga termasuk salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan Puncaknya yang bernama Puncak Mahameru. Gunung Semeru mempunyai ketinggian 3.676 Mdpl dan juga termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif. Banyak yang spesial di Gunung Semeru ini, salah satunya ada Ranu Kumbolo dan Tanjakan Cinta. Keindahan Ranu Kumbolo ini bener – bener bikin selalu ngucap syukur terus pas liatnya. Danau dengan air yang sangat bersih dan pemandangan yang sangat indah saat matahari terbit di sela – sela bukit. Nah selanjutnya ada Tanjakan Cinta dan punya mitos tersendiri loh saat kamu mendaki Tanjakan Cinta. Begini mitosnya “barang siapa yang berhasil melewati tanjakan cinta tanpa henti sampai atas bukit dan tanpa menoleh ke belakang, jika sedang jatuh cinta maka akan berakhir bahagia”.  Hasek.


5. Puncak Rantemario, Gunung Latimojong
Bagi kalian mungkin asing dengan Gunung Latimojong. Tapi, jangan salah gunung ini adalah gunung yang tertinggi di pulau Sulawesi. Sebenarnya gunung Latimojong ini merupakan jajaran pegunungan dengan beberapa puncak – puncak dan puncak tertingginya adalah Puncak Rantemario. Gunung Latimojong memiliki ketinggian 3.478 Mdpl. Berada di kabupaten Enrekang tepatnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Di sekitar Gunung Latimojong juga pernah terjadi kejadian pesawat Aviastar jatuh di hutan yang konon katanya angker. Seluruh tim evakuasi pun dilarang membawa telur dan daging saat evakuasi korban pesawat Aviastar karena hutan yang dilalui merupakan hutan yang bertuan.


6. Puncak Gunung Binaiya
Diam – diam Maluku punya fakta tersendiri tentang gunung di Kepulauan Maluku. Salah satunya adalah Gunung Binaiya yang masuk ke salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung Binaiya ini tepatnya berada di Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku dengan ketinggian 3.027 Mdpl. Sayangnya, pendakian di gunung Binaiya tidak seramai gunung – gunung populer seperti gunung Kerinci ataupun Gunung Semeru. Yang melakukan pendakian ke gunung ini biasanya para pendaki yang mempunyai misi untuk menaklukan “The Seven Summits of Indonesia”. Dua jalur resmi pendakian di gunung Binaiya bisa melalui desa Kanike di sisi utara serta desa Piliana di sisi selatan.


7. Puncak Gunung Bukit Raya
Terakhir ada puncak gunung Bukit Raya yang berada di perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Gunung Bukit Raya memiliki ketinggian 2.278 Mdpl. Nah sebenarnya di Kalimantan ini puncak tertingginya adalah gunung Kinabalu, namun karena gunung tersebut berada di bawah kedaulatan Malaysia maka dari itu yang masuk ke Seven Summits Indonesia adalah Gunung Bukit Raya. Jalur pendakian di Gunung Bukit Raya banyak didominasi dengan hutan – hutan lebat, bahkan untuk sampai ke puncaknya pun harus memanjat pohon terlebih dahulu untuk sekedar melihat sunrise ataupun sunset. Gunung Bukit Raya menjadi gunung dengan posisi terakhir yang mengisi “The Seven Summits of Indonesia”.


Selesai sudah penjelasan tentang Seven Summits Indonesia. Nah bagi kamu yang punya mimpi untuk meninggalkan jejak di 7 puncak tertinggi di Indonesia persiapkan dirimu matang – matang yaa! Dan selalu ingat Kode Etik Petualang :

1. Take Nothing but Picture
2. Leave Nothing but Foot Print
3. Kill Nothing but Time

Baik sekian dulu sharing saya tentang 7 Puncak Gunung Indah di Nusantara Indonesia, jika anda hendak kesana jangan lupa memperhatikan keselamatan karena keselamatan jiwa kamu lebih penting, untuk membaca tips  tips tentang seputar wisata silahkan baca artikel di kategori Tips.

Semoga Bermanfaat.

Sumber: Kaskus

Tampilkan Komentar