Tips Wisata Fotografi

Oleh:   Cafe Wisata Cafe Wisata   |   6/08/2016 02:58:00 PM
Hai pembaca Cafe Wisata kali ini saya ingin berbagi tentang Tips Wisata fotografi, bekerja sebagai fotografrer dan penulis untuk majalah travel, menjadi idaman begitu banyak orang namun dibalik segala keriaan, datang tanggung jawab besar tentang penulisan dan informasi visual kepada para pembacanya. Terkadang informasi yang di dapatkan bisa berbeda dengan informasi yang di dapatkan di lapangan. Improvisasi dan kreatifitas di perlukan secara spontan. namun tentu saja kreatifitas ini harus disertai pengetahuan yang memadai. Dalam hal ini, saya ingin berbagi tentang Tips Wisata Fotografi

Riset
Sebelum bepergian lakukan riset terlebihdahulu. Hal ini sangat penting agar kita lebih siap dalam menghadapi keadaan dilapangan. Apalagi jika tujuan kita pergi adalah pengalam pertama kalinya. Memotret membuthkan suasana hati, walaupun sudah berpengalaman bertahun  tahun,  harus tetap berpegang teguh pentingnya riset. Informasi yang kita baca sebelum pergi adalah salah satu faktor "penolong" terbesar dalam melihat hasil foto kita "pingtar" atau "berkomunikasi" tentang tempat yang kita kunjungi.

Ringkas
Ketika bepergian, usahakan dan berlatihlah untuk membawa barang ringkas dan praktis. Misalkan dalam hal ini peralatan kamera, dalam perjalanan jangan membawa lebih dari 2 kamera yang dipasangkan dua lensa ukuran berbeda kalau bisa menggunakan mirrorless, jenis kamera yang lebih kecil dari DSLR namun memiliki kemampuan yang sama. (Baca Artikel ini: Jangan Bawa Barang - barang ini ketika lakuakan perjalanan jauh)

Kamera pertama menggunakan lensa yang lebar untuk menangkap pemandangan, suasana ataupun foto orang dalam jumlah besar.  Kamera kedua dipasangkan dengan lensa tele atau lensa jarak jauh, untuk pengambilan jarak yang jauh, terlalu banyak membawa lensa akhirnya berujung tidak digunakan dan menghambat aktifitas terutama jika kita melakukan pendakian atau trekking.


Membuat Jadwal Santai
Ketika jadwal anda sangat padat namun ada nafas untuk tidak terlalu banyak  dalam satu hari. Kualitas data dan foto akan terlihat hanya dipermukaan dengan kejaran jadwal yang terlalu cepat.

Sedangkan dengan aktifitas liburan/Wisata, cobalah untuk membuat perjalanan hanya satu atau maksimal dua tujuan dalam satu hari. Pulang dari liburan / wisata lelah adalah suatu konsep yang salah.Kita harusnya merasa segar dan siap untuk melakukan hal rutinitas dengan lebih baik. Nikmati wisata dengan perlahan agar kenangan akan berjalan kita terhadap tempat tersebut jauh lebih baik dan kita mendapat banyak pengetahuan dan pengalaman yang tidak terduga.

Tinggalkan Kamera
Tips ini tentu membingungkan. Tinggalkan kamera sesekali ketika kita sedang berinteraksi dengan sesama wisatawan atau penduduk lokal, alam atau suasana. Jika dalam perjalanan bertemu dengan penduduk lokal dan ingin menggali informasi tentang kearifan lokal, kamera bisa jadi penghalang. tidak semua orang nyaman dengan kamera, untuk itu anda harus terbiasa untuk membangun suasana nyaman dahulu baru kemudian mengambil gambar.

Setelah ada rasa percaya dan nyaman, jika ekspresi yang berbeda dari nara sumber kita yang akan tertangap. Bahkan informasi tentang situasi bisa jadi berbeda karena foto yang kita buat memiliki alasan atau cerita yang kuat dalam setiap sudut pengambilannya.

Gambarkan Suasana
Fotografi tidak melulu mengenai Inspirasivisual. untuk mencari inspirasi tersebut, jangan hanya disibukkan oleh aktifitas pemandangan saja. Rasakan Kuliner Lokal, suasana pasar tradisional, hal ini semua untuk bisa memahami kisah atau cerita dari tempat tersebut dengan lebih baik.

Fixer
Dalam dunia jurnalistik atau film ada pekerjaan yang di sebut "Fixer". mereka ini adalah orang yang faham dengan kondisi tempat tujuan liputan atau tempat tujuan pekerjaan. Mereka ini yang akan mengatur perijinan, akomodasi , transportasi dan sebagainya. Namun untuk anda yang hanya ingin berlibur bisa mencari fixer melalui teman yang tinggal ditempat tersebut, informasi dari akun  akun lokal instagram atau menggali informasi dari travel agent atau pegawai hotel

Akan ada begit banyak informasi yang memperkuat sudut pengambilan dan bahan tanpa terduga kita bisa mengunjungi tempat baru yang jarang mendapat sorotan dari wisatawan umum.

Inspirasi
Mencari inspirasi sebelum berangkan, dari galery foto para fotografer atau wisatawan lainnya bisa menambahkan kebendaharaan ide visual. selain kita belajar untuk menghargai karya orang lain, tanpa disadari kita terbawa pada inspirasi dan karya - karya tersebut.

Jangan lupa mengunjungi galeri lokal di tempat tujuan kita dan mencoba terinspirasi langsung dari sudut pandang yang berbeda.

Semoga tips ini bermanfaat bagi pembaca Cafe Wisata untuk bisa lebih baik! selamat berpetualang.




Tampilkan Komentar